Fakultas Tarbiyah UNUGIRI Bojonegoro melaksanakan Sosialisasi & Karantina Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

ft.unugiri.ac.id – Dalam rangka meningkatkan kualitas proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Fakultas Tarbiyah (FT) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro melakukan kegiatan Sosialisasi dan Karantina PKM bagi para mahasiswanya. Kegiatan ini berlangsung pada Hari Senin 19 Februari 2024, diikuti oleh dua puluh sembilan kelompok mahasiswa dari tiga Program Studi di lingkungan FT UNUGIRI Bojonegoro yaitu; 1) Program Studi Pendidikan Agama Islam, 2) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, 3) Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, serta sepuluh pembimbing Dosen FT UNUGIRI yang berpengalaman di bidang PKM yang pernah lolos pendanaan Hibah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat KEMDIKBUD RISTEK.

Dr.H. Ahmad Manshur, MA, Dekan FT UNUGIRI yang membuka kegiatan ini berharap pendampingan PKM ini dapat meningkatkan kualitas proposal PKM yang diajukan oleh para mahasiswa serta lolos pendanaan. “Kami sungguh berharap melalui pendampingan PKM ini dapat meningkatkan jumlah mahasiswa yang lolos seleksi pendanaan dan membawa nama FT UNUGIRI Bojonegoro di kancah nasional. Pendampingan PKM ini diharapkan menjadi salah satu langkah untuk mencapai tujuan tersebut,” ujar Dekan FT UNUGIRI Bojonegoro.

Giati Anisah, M.Pd. selaku Wakil Dekan dan sekaligus sebagai Koordinator PKM FT, dalam sambutanya menyampaikan bahwa proposal mahasiswa diharapkan sesuai dengan pedoman. “untuk bisa lolos di tahap awal, mahasiswa harus memastikan proposal sudah sesuai dengan pedoman PKM, seperti ukuran dan jenis font, margins, ukuran paper, serta sistematika tulisan” imbuhnya.

Setelah acara pembukaan, Mahasiswa Bersama Dosen pembimbing melakukan diskusi kelompok kecil mengenai tips dan trik penulisan proposal PKM yang baik dan benar, serta strategi untuk lolos seleksi. Salah satu mahasiswa Fakultas Tarbiyah menyatakan sangat terbantu dengan adanya kegiatan sosialisasi dan karantina PKM ini. “Saya dan anggota kelompok sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir, setelah mengikuti sosialisasi & karantina ini, saya jadi lebih termotivasi serta yakin untuk apply proposal PKM kami,” terangnya.

Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang bertujuan merupakan salah satu wujud implementasi Tri dharma Perguruan Tinggi dalam upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, mewujudkan gagasan/ ide kreatif dan inovatif mahasiswa. Program Kreatifitas Mahasiswa memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi di tingkat nasional.

Editor: Ahmad Shofiyuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *