Hadirkan Narasumber Hebat di Workshop Penulisan Ilmiah Mahasiswa, Fakultas Tarbiyah Berikhtiar Tingkatkan Skor SINTA UNUGIRI

Auditorium Hasyim Asy’ari, (30/08/2023) Fakultas Tarbiyah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) menggelar Workshop Penulisan Ilmiah yang menghadirkan narasumber luar biasa. Kegiatan ini dilakukan dalam upaya meningkatkan skor SINTA (Science and Technology Index) UNUGIRI dengan melibatkan mahasiswa Fakultas Tarbiyah.

Kegiatan yang dibagi dua tahap ini berlangsung dengan hikmat. Tahap pertama diikuti oleh prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) di pagi hari. Selanjutnya tahap kedua diikuti oleh prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) serta Prodi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) pada siang hari.

Kegiatan workshop ini diadakan secara offline di kampus Unugiri Bojonegoro dengan menghadirkan 2 Narasumber hebat. Yakni Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unugiri, Dr. M. Ivan Ariful Fathoni, M.Si, dan Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah, Giati Anisa, M.Pd. Hadir pula dalam kesempatan ini Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr. H. Ahmad Manshur, MA., beserta jajaran Kaprodi di lingkungan Fakultas Tarbiyah, yakni Kaprodi PAI, PGMI, dan PIAUD. Adapun peserta dalam kegiatan ini adalah seluruk Mahasiswa semester delapan Fakultas Tarbiyah.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah Unugiri Bojonegoro, Dr. H. Ahmad Manshur, MA., menekankan urgensi penulisan jurnal, dan mengingatkan mahasiswa untuk tidak menunda-nunda dalam penyusunannya. “Saya ingatkan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Tarbiyah untuk tidak menunda-nunda mengerjakan jurnal karya ilmiah, karena sukses akan ikut tertunda jika kita tidak proaktif”, tuturnya dengan tegas.

Narasumber pertama dalam acara ini, beliau Dr. M. Ivan Ariful Fathoni, M.Si, memberikan pesan penting kepada mahasiswa FT, bahwa setelah workshop ini, peserta harus segera konsultasi dengan dosen pembimbing untuk berdiskusi dan menyusun artikel penelitian yang nantinya akan dipublish di jurnal-jurnal terakreditasi SINTA.

Selain itu, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNUGIRI, juga memberikan motivasi kepada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah, “Teruslah membaca, meneliti, dan menulis, penelitian tidak hanya dilakukan saat mengerjakan skripsi, namun harus menjadi kebiasaan kita. Mulai dari masalah kecil sampai masalah besar, perlu penelitian untuk dapat diselesaikan. Selain itu, sampaikanlah ilmu yang kita miliki ke orang lain, salah satunya dengan cara publikasi. Insya Allah, suatu saat kita sendiri juga akan mendapatkan manfaatnya,” tuturnya.

Tak ketinggalan, narasumber kedua, Giati Anisa, M.Pd., Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah, berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan semangat mahasiswa dalam mendiseminasikan hasil penelitian serta dapat berdampak positif terhadap peningkatan skor SINTA UNUGIRI. “Semoga workshop penulisan jurnal tersebut dapat meningkatkan semangat mahasiswa Fakultas Tarbiyah dalam mendiseminasikan hasil penelitian serta dapat meningkatkan skor Sinta UNUGIRI,” harapnya.

Workshop Penulisan Ilmiah ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah mahasiswa Fakultas Tarbiyah UNUGIRI Bojonegoro. Semoga kegiatan ini memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan reputasi akademik Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) dan kontribusi ilmiah mahasiswa Fakultas Tarbiyah ke depan. [Lifa]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *