Gandeng Tiga Lembaga, Fakultas Tarbiyah gelar Launching Madrasah Development Centre dan Workshop IKM.

Fakultas Tarbiyah UNUGIRI Bojonegoro Launching Madrasah Development Centre Tarbawi bekerjasama dengan 3 Madrasah. Kegiatan ini dilakukan untuk para guru RA, MI, MA di Bojonegoro. Acara ini diselenggarakan secara tatap muka di gedung Auditorium Hasyim Asy’ari lt.3 kampus UNUGIRI pada Rabu, (12/07/2023).

Sambutan pertama disampaikan oleh ketua Madrasah Development Centre Tarbawi, Giati Anisa, M.Pd., berharap bahwa kerja sama Fakultas Tarbiyah Unugiri Bojonegoro dengan tiga madrasah ini bisa berkelanjutan dan membawa dampak positif pada kedua belah pihak. “Semoga kegiatan ini berdampak secara luas dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Fakultas Tarbiyah dan Madrasah,”. Harap Wadek Fakultas Tarbiyah ini.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tarbiyah Unugiri Bojonegoro, Dr. H. Ahmad Manshur, MA., menyatakan bahwa Madrasah Development Centre Tarbawi merupakan bentuk pengabdian Fakultas Tarbiyah Unugiri kepada Masyarakat Bojonegoro dalam bidang pendidikan. Tak hanya itu kolaborasi ini juga sebagai aksi nyata Fakultas Tarbiyah dalam kegiatan pendampingan madrasah binaannya. Ini tentu sejalan dengan tujuan utama didirikannya Madrasah Development Centre Tarbawi untuk turut andil mewarnai dan memberikan dampak di bidang pendidikan khususnya di Bojonegoro.

“MDC Tarbawi merupakan bentuk pengabdian Fakultas Tarbiyah bagi lembaga binaannya,” tuturnya.

Even bergengsi ini diikuti oleh pejabat rektorat Unugiri, K.M. Jaharul Ma’arif, M.Pd.I, Narasumber dari Balai Diklat Surabaya, Dr. H.M. Musfiqon, M.Pd., Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr. H. Ahmad Mansur, M.A, Wadek Fakultas Tarbiyah Giati Anisa, M.Pd,. Kepala bidang kerjasama dalam negri, Syahri, M.Pd.I., kaprodi PAI, Su’udin Aziz,S.Pd.I,M.Ag. dan PGMI, Muhammad Romadlon Habibullah, M.Pd.I., Direktur Pasca Sarjana, Sri Minarti, M.Pd.I, kepala MA Miftahul Ulum Bulu Balen, kepala MI Hidayatul Syibyan Bulu Balen, kepala RA Hidayatul Syibyan Bulu Balen
serta Bapak Ibu Tamu undangan dan seluruh Mahasiswa peserta kegiaatan Launching MDC Tarbawi.

Kegiatan Launching MDC ini, dilakukan dengan menggelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Dengan narasumber pertama yakni Dewi Niswatul Fithriyah, M.Pd., dosen Fakultas Tarbiyah dan Narasumber kedua Dr. H.M. Musfiqon, M.Pd., dari Balai Diklat Surabaya. Adapun temanya “penyusunan modul ajar kurikulum merdeka untuk pembelajaran berkualitas”.

Narasumber pertama dari dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Unugiri, Dewi Niswatul Fithriyah, M.Pd., menyatakan bahwa guru harus mampu merubah paradigma pembelajaran dengan pembelajaran yang inovatif , yakni dengan kurikulum merdeka. Imolementasi IKM membuat guru mampu mengexplor pembelajaran dengan keterampilan yang dimilikinya. Kurikulum Merdeka juga mampu memberikan keleluasaan kepada pengajar untuk menciptakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar si pembelajaran.

“Perubahan membuat kita bisa lebih baik dan bisa mengembangkan keterampilan sesuai kemampuan pengajar,” Ucapnya.

Narasumber kedua dari balai Diklat Surabaya, Dr. H.M. Musfiqon, M.Pd. menyampaikan upaya yang dapat dilakukan guru, dalam implementasi kurikulum merdeka, dilakukan dengan kemerdekaan yg dirasakan oleh guru dan siswa saat pembelajaran. Adanya kerjasama, situasi interaktif, belajar yang menyenangkan, adalah wujud karakter anak yang merdeka. Untuk mewujudkan karakter itu, guru harus merdeka terlebih dahulu, sehingga siswa juga ikut serta merdeka. “Wujud anak merdeka adalah guru merdeka”.

Dr. Musfiqon juga berpesan kepada Mahasiswa agar menjadi guru original. “jadilah guru yang sebenar-benarnya dan benar”, tuturnya.

Akhir kegiatan ditutup dengan foto bersama antara Dosen Fakultas Tarbiyah dengan peserta Workshop IKM dan Launching MDC. [Lifa]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *