Bekali Mahasiswa PPL, Fakultas Tarbiyah Helat Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

Sabtu, 9 September 2023 di Auditorium Hasyim Asy’ari, Fakultas Tarbiyah Unugiri menggelar workshop dan pembekalan PPL yang dihadiri oleh 298 mahasiswa. Acara ini diikuti oleh Mahasiswa semester 7 prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) serta Prodi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), jajaran Rektorat UNUGIRI.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah Unugiri Bojonegoro, Dr. H. Ahmad Manshur, MA., menyatakan harapan untuk kelancaran dan kemudahan serta kesuksesan acara PPL Tahun 2023. Beliau juga menegaskan pentingnya menjaga etika dan nama baik kampus UNUGIRI dalam pelaksanaan kegiatan PPL ini.

“Semoga kegiatan PPL ini dipermudah maksud dan tujuan kita bersama. Ingat, selalu jaga sopan santun demib nama baik almameter”, harapnya.

Rektorat Unugiri, M. Jaharul Ma’arif, M.Pd.I, menyampaikan bahwa kegiatan PPL merupakan kesempatan luar biasa bagi mahasiswa untuk mendalami berbagai aspek terkait pendidikan. Selain tugas mengajar, mahasiswa PPL juga diharapkan dapat melakukan penelitian, analisis kurikulum, serta memahami aspek manajerial di sekitar lingkungan sekolah.

“Kesempatan luar biasa ini perlu digunakan dengan sebaik-baiknya. PPL tidak hanya mengajar saja, akan tetapi menganalisis hal-hal yang ada disekitar sekolah”, tuturnya.

Pemateri pertama, Giati Anisah, M.Pd., memaparkan teknis pelaksanaan PPL dan memberikan pesan yang kuat guna membakar semangat peserta.

“Pendidikan adalah tiket untuk masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan diri sejak hari ini.” Jelas beliau.

Sedangkan pemateri kedua, Laila Rofiqotut Toyibah, Instruktur Nasional Implementasi Kurikulum Merdeka, mengajak mahasiswa untuk tidak hanya menjadi guru biasa-biasa saja, melainkan menjadi guru istimewa, yang kehadirannya selalu memberi warna.

Workshop ini bertujuan untuk membekali 298 mahasiswa dengan pengetahuan dan wawasan yang mendalam tentang dunia pendidikan. Tujuan kegiatan ini agar mereka siap dan mampu berkontribusi secara optimal dalam mengembangkan dunia pendidikan di Bojonegoro, Tuban, dan sekitarnya. [Lifa]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *